Jumat, 18 Juni 2010

Membuat Sedikit Keamanaan Dengan Teknik Sederhana

Banyak orang-orang yang masih kurang paham akan keamanaan data pribadi mereka. Sebenarnya jika hacker/cracker/carding mengetahui hal-hal sampai dengan sedetail mungkin tentang data target orang tersebut, wah maka pastinya itu jadi membuat mereka semakin mudah saja menjalani aktifitas mereka tsb.

Saya mencoba memberikan beberapa trik sederhana dan mungkin itu bisa menjadi tips bagi anda semua dan tolong dimaafkan jika saya sok tau menurut anda.


1.  Buatlah email pribadi yang hanya diketahui oleh keluarga, sahabat dan teman kantor.
2. Jika anda membuat akun di FB, Twiter, forum atau web sosial lainnya, usahakan jangan pernah memakai email pribadi anda.
3. Buat akun email khusus untuk membuat akun web seperti di point 2 diatas. Usahakan buatlah dua akun email tersebut dan gunanya adalah untuk ada email primary dan secondary jika anda ingin register di web di point 2 diatas.
4. Buatlah password email utama / pribadi yang unik dengan cara menggunakan Numerik (0-9) , Abjad (A-Z), Karakter (!@#$%^ dll) dan minimal 7 digit, jika lebih lebih baik. Password ini jangan sampai ada orang lain yang tau, misal : "Eh pake aja tuh akun email gw dan nih passwordnya". Sedangkan untuk password web jejaring sosial, dibedakan untuk akun FB, Twit, dll dan termasuk email yg seperti point 3 diatas. Jangan pernah membuat password kaya : Tanggal lahir, Nama pacar, nama anak atau yang lainnya yang mudah ditebak sama para penjahat maya tsb.
5. Jika orang yang aktif membuka email, FB, dll, jangan pernah percaya jika ada message / pesan dengan kata-kata yang aneh atau anda disuruh klik link ini, itu semua adalah teknik untuk mendapatkan password anda dan termasuk Teknik Phising. Sebaiknya jika ada pesan tersebut, maka langsung dihapus saja dan jangan anda membacanya, nanti anda tergiur untuk mengklik link tersebut lagi.
6. Jangan mau melamar pekerjaan yang tidak jelas dengan anda disuruh email ke alamat email si yang punya gawean dan nantinya mereka akan mengirim klo anda disuruh klik link2 yg ga jelas dan itu termasuk teknik phissing dan nantinya data pribadi anda juga akan diketahui oleh mereka.
7. Usahakan setiap sebulan sekali, anda rutin merubah password anda dan jika anda merubah password anda, jangan menggunakan password yang pernah anda gunakan dahulunya yah.
8. Untuk PIN ATM, jangan menggunakan tgl lahir, tanggal nikah, atau yang lain tapi coba buat angka sesulit mungkin dan ingat jangan pernah memberitahukan kepada orang lain.

Segitu dulu yang saya bisa bahas dan tulis ini. Nantinya saya akan update lagi deh dan disini saya masih belajar dan hanya punya pengetahuan yang cetek bgt dan maaf klo didalam artikel tersebut saya banyak salahnya.

Reaksi:

0 komentar: