Kamis, 08 Juli 2010

Membuat Privasi Akun FaceBook Anda

 
Siang menjelang sore saat kepenatan muncul dan mulai BT gitu, ane mau nulis-nulis dlu nih di blog. Dari pada membuang waktu dengan percuma, mending sharing ilmu aja deh buat para blogger. Sambil ditemani headset yg bermainkan irama lagu dan secangkir kopi tidak lupa untuk menahan rasa ngantuk ini. Facebook mulai beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah fenomena yang sangat dahsyat di negeri saya ataupun luar. Dengan kemajuan teknologi seperti itu, maka akan besar pula juga akan kejahatan yang ada. Bagaimana kita mencegah kejahatan tersebut ? Jawabannya sangat mudah sekali, semua itu harus dibentengi dari diri sendiri dan juga banyak2lah membaca berita tentang dunia IT tsb. Sekarang ini semakin banyak saja berita yang aneh2, mulai dari diculik, diajak kawin lari, diperkosa, dibunuh dan lain-lain yang katanya akibat facebook tersebut. Memang itulah resiko yang ada jika semakin maju teknologinya akan tetapi tidak diimbangi akan kesadaran dari seseorang tersebut.

Saya sering melihat banyak anak2 yang baru gede yang memajangkan foto-foto yang agak kurang wajar menurut saya dan sangat begitu menggoda oleh pihak penjahat tersebut. Hal ini sangat mudah dimanfaatkan untuk berbagai kejahatan dan akhirnya jadi seperti belakangan ini deh. Pusing rasanya memikirkan bangsa ini yang lama kelamaan tidak bermoral tidak jaman dahulu yang negara ini dipandang adalah negara yang berbudi luhur, sopan, santu dan murah senyum. Seketika nilai tersebut kini semakin menghilang dan menjauh dari genggaman tangan ibu pertiwi indonesia ini. Mau jadi apa negara ini jika seperti ini terus. Wah-wah jadi panjang lebar nih.

Udah deh sekarang bahas tentang bagaimana membuat privasi akun FACEBOOK anda dari tangan-tangan jahil. Sekarang FB juga membuat settingan untuk kita bisa menjaga privasi kita dari orang lain. Begini ceritanya dan caranya memanfaatkannya :
  1. Add / Accept temen yang anda ketahui saja dan jika anda tidak mengenal sama sekali, anda bisa mengirimkan message untuk menanyakan dia itu siapa dan jika anda males dan mau REJECT, itu malah bagus kok, hehehehe.
  2. Jangan memajang foto yang berbau syuuuurrrr gtu yang dapat mengundang lelaki hidung belang.
  3. Jika anda upload foto anda, usahakan yang bisa melihat itu hanya keluarga, sahabat terdekat dan orang yang dipercaya (kenal), nantinya agar foto anda tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab coz mudah saja, misal ada foto si target A, dan saya sotosop secanggih mungkin dan tinggal dipasang di website untuk menjual cwe tersebut dengan harga bandroll Rp. ...... Nah klo hal itu terjadi sangat bahaya dan banyak cara lagi untuk melakukan cara yang hampir mirip tsb.
  4. Jangan mensharing nomor hape anda ke orang yang tidak dikenal.
  5. jangan mau membuka link yang tidak dikenal dan anda curigai, soalnya itu pasti phising atau spam.
  6. Jangan mudah percaya jika ada yang mengirimkan message tentang : Butuh uang, mau ketemuan, dll.
  7. Usahakan Wall anda hanya orang yang dipercaya oleh anda yang dapat melihat Wall anda.
  8. Bedakan password FB dengan password akun email anda.
  9. Rutin-rutinlah mengganti password anda.
  10. Jika ngenet di warnet, hapus cookies browser tersebut juga hapus semua history yang ada di pc tsb. klo ga ngerti cari di google atau kirim email ke gue aja.
  11. Jika diwarnet, hati2 disekeliling anda, bahwa dengan mudah cracker mengambil password akun anda dengan menggunakan CAIN ABEL.
  12. Jangan mau diajak ketemuan sama orang yang ga dikenal dan mencurigakan.
  13. Jangan asal komen di status orang, apalagi berbau SARA, PORNO, atau yang NEGATIF.
  14. Yang terakhir banyakin BERDOA dan JANGAN GANJEN / MURAHAN.
Sori klo bahasa diatas ada yang salah dan keamanaan itu berawal dari diri kita sendiri bukan dari orang lain atau sistem, sebab sistem juga yang mengatur adalah MANUSIA tsb.

INGAT KEJAHATAN BUKAN DARI NIAT SI PELAKU, TETAPI ADA KESEMPATAN YANG DIBERIKAN OLEH KORBAN.

Reaksi:

2 komentar:

Guceng mengatakan...

okay brother, LIKE This lah...

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)