Selasa, 02 September 2014

Mengelola Program Audit

Program audit dapat mencakup pertimbangan satu atau lebih standar sistem manajemen audit, yang dilakukan baik secara terpisah atau dalam kombinasi.

Manajemen harus memastikan bahwa tujuan program audit ditetapkan dan menetapkan satu atau orang yang lebih kompeten untuk mengelola program audit. Luasnya program audit harus didasarkan pada ukuran dan sifat dari organisasi yang diaudit, serta pada sifat, fungsi, kompleksitas dan tingkat kematangan dari sistem manajemen yang akan diaudit. Prioritas harus diberikan untuk mengalokasikan sumber daya audit program untuk mengaudit hal-hal penting dalam sistem manajemen.

Konsep tersebut pada umumnya dikenal sebagai audit berbasis risiko (risk based audit). Program audit harus mencakup informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk mengatur dan melakukan audit yang efektif dan efisien dalam kerangka waktu tertentu dan juga dapat meliputi:
  1. Tujuan untuk program audit dan audit individu.
  2. Batas / jumlah / jenis / durasi / lokasi / jadwal audit.
  3. Prosedur program audit.
  4. Kriteria audit.
  5. Metode audit.
  6. Pemilihan Tim Audit.
  7. Sumber daya yang diperlukan, termasuk perjalanan dan akomodasi.
  8. Proses untuk menangani kerahasiaan, keamanan informasi, kesehatan dan keselamatan, dan hal-hal serupa lainnya.
Pelaksanaan program audit harus dipantau dan diukur untuk memastikan tujuan Perusahaan telah dicapai. Program audit harus ditinjau untuk mengidentifikasi kemungkinan perbaikan. Gambar di bawah ini adalah flowchart dari kegiatan program audit sebagai berikut: 


Sumber: ISO 19011:2011 (Di translate manual oleh Penulis) 

Reaksi:

0 komentar: