Senin, 18 Januari 2010

WAN n VPN

WAN itu sendiri adalah Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

VPN itu sendiri adalah kepanjangan dari Virtual Private Network yang artinya jaringan yang dapat diakses oleh pihak-pihak tertentu saja. Dimisalkan kita mempunyai suatu aplikasi web, untuk mengakses web tersebut tidak sembarang orang dapat mengakses, akan tetapi harus dibuka jalur atau didaftarkan ip address ke pihak admin atau security jaringan perusahaan tersebut. Keuntungan dari konsep seperti ini adalah sangatlah aman sekali untuk melakukan suatu transaksi data perusahaan, karena untuk mengaksesnya diperlukan pendaftaran ip address. Sudah banyak konsep VPN digunakan, contohnya seperti BANK yang berada di Indonesia sudah memakai konsep seperti itu (BCA,MANDIRI,dll), Universitas ITB, dan masih banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memakai konsep seperti itu.

Reaksi:

1 komentar:

Kamouflase mengatakan...

salam kenal gan, kemarin ke blog ane ya, komennya ilang gan :hammer ke pencet delete sama ane :D, saling sharing ya gan :D