Jumat, 04 Maret 2011

Jangan Menggunakan Aplikasi Crackan

Bismillah. Mau nulis lagi nih dan mau sekedar sharing saja. Kali ini pembahasan kita adalah bagaimana membuat suatu software license yang trial menjadi full version. Nah kan banyak tuh aplikasi crackan untuk membuat aplikasi trial menjadi full versi. Malah untuk sistem operasi windows pun ada crackannya supaya genuine. Tapi siapa yang sadar klo ternyata hal tersebut sangat bahaya loh. Banyak orang yang ga peduli akan hal tersebut dan yang penting jadi full versi kok, itulah kata2 orang yang saya tanyakan tentang crackan. Macam bentuk crackan diantaranya :
1. Crackan yang bersifat worm / malware
2. Crackan yang bersifat trojan.

Nah dari hal diatas bahwa file crackan tersebut sangat bahaya dan ada side efeknya loh. Misal dengan anda menggunakan file crackan tersebut, maka bisa jadi data2 komputer anda akan dengan mudah diambil / dicuri oleh si pembuat crackan itu, karena komputer anda sudah dimasuki oleh worm / malware / trojan tersebut. Apakah anda pernah terpikir data anda akan dicuri dengan mudah gara2 kelemahan kita sendiri ?

Akan sangat disayangkan jika ada perusahaan negara yang peranannya sangat penting dan banyak data-data rahasia negara, dicuri begitu mudahnya oleh si attacker karena kesalahan si user itu sendiri. Jika komputer user tersebut sudah ditanam aplikasi berbahaya itu, maka data yang diinginkan oleh si attacker akan begitu mudah diambil dengan cara : Jika PC / laptop tersebut terkoneksi dengan internet, maka data itu akan langsung dikirimkan oleh aplikasi worm/trojan/malware menuju si attacker. 

Saya sempat berpikir, bagaimana cara kerja dari wikileaks menembus firewall dan pertahanan yg kuat dari pentagon dan beberapa negara yg boleh dikatakan sistem security-nya sangat handal sekali. Nah mungkin hal ini yang bisa menjadi celah wikileaks untuk masuk dan mengambil data-data tersebut. Mungkin ada beberapa user yang lengah dan tidak sadar mengirimkan data2 tsb ke attacker.

Bagaimana cara menanggulangi hal tersebut ? coba saya mau kasih sedikit ide diantaranya :
1. Gunakan anti virus yang handal dan terpercaya (License) seperti Kaspersky, Norton, dll, kemudian jangan lupa di update terus menerus.
2. Jangan gunakan file crackan baik untuk OS, Design, Programming, AntiVirus, Game, dll.
3. Klo mau mending cari serial number nya aja deh klo mau jadi full versi.
4. Lebih aman lagi klo PC yg udah terlanjur memakai file crackan, jangan dikoneksikan dengan internet degh.

Yah segitu aja dlu tulisan dari saya ini dan maaf banget yah klo bahasanya jelek banget dan ane bingung mau nulis yg baik gimana nih. Semoga bermanfaat deh :-)

Reaksi:

0 komentar: