Rabu, 02 Maret 2011

Cara Membuat Password Yang Lumayan Aman & Mudah Diingat

Hai bro or sis semua. Kali ini ane mau nulis unek2 lagi yg ada di otak nih. Kadang kan kita bingung mau buat password yg rada susah ditebak sama si attacker. Nah saya sempat berfikir kalo bahasa "ALAY" ternyata jika untuk membuat password cukup strong loh. Klo ga percaya lihat contoh password dibawah ini dan saya sudah ngetes di yahoo dan hasilnya adalah STRONG. Password yg digunakan adalah : 4l4yb4ng3ts1chl0



Berarti memang kata2 Alay tuh bisa digunakan untuk password dan untuk diingat pun tidak begitu sulit kan, tinnggal mengganti kata vokal menjadi angka atau karakter tertentu. Kemudian jangan lupa anda harus membedakan antara password email dengan akun Facebook, Twiter, Kaskus, atau yang lainnya. Harus dibedakan passwordnya agar agak menyulitkan si attacker dalam brute force password kita. Kan klo semua password kita sama semua, huuuu mudah banget untuk ngancurin dan masuk satu2 ke akun tsb anda.

Yaudah bagaimana membuat password agar menjadi strong, dan berikut ini trik saya :
1. Minimal terdiri dari 8 karakter.
2. Campuran dari huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter.
3. Mengganti secara rutin kurang lebih sebulan sekali atau 2 bulan sekali deh.
4. Jangan menggunakan password yang sama sampai 10 kali diubah.
5. Jangan sekali-kali memberikan password kepada orang lain baik keluarga atau yg lainnya.

Reaksi:

0 komentar: