Jumat, 03 Februari 2012

Keamanan Router dan Password Default Router

Sudah lama tidak menulis di blog ini. Kali ini saya akan sharing tentang password default pada router. Biasanya saat saya mencoba iseng-iseng kepada beberapa router yang saya jajal, ternyata banyak beberapa admin tidak peka untuk mengganti settingan yang ada. Kenapa hal itu bisa terjadi, menurut saya mungkin admin masih kurang peka akan keamanan yang ada atau memang mau enaknya saja.

Seorang admin harus mengetahui dan mendalami tentang keamanan, karena jika sistem mereka sudah disusupi oleh attacker maka wassalam deh sistem dia akan diacak-acak. Apa sih yang harus dilakukan oleh seorang admin dalam mengamankan sistemnya dan saya mencoba memberikan beberapa usulan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Secara rutin mengganti password admin dengan ketentuan minimal password 8 karakter yang terdiri dari gabungan Angka, Huruf dan Spesial Karakter. Kemudian tidak menggunakan kata-kata yang ada di kamus.
  2. Melakukan review dari log yang ada. Cek siapa saja yang mencoba masuk ke dalam sistem dan telusuri ip mana saja yang paling banyak mengakses sistem kita dan siapa saja yang paling banyak menggunakan bandwith.
  3. Block ip address yang sering memflood atau mencoba melakukan attack.
  4. Gunakan firewall dan bentuk keamanan lainnya.
  5. Batasi ip address yang boleh mengakses ip untuk masuk ke dalam sistem admin.
  6. Daftarkan ip dan mac address untuk user yang menggunakan sistem kita.
  7. Backup secara rutin konfigurasi router anda.
  8. Usahakan anda mempunyai router cadangan untuk menjaga-jaga apabila router primary anda rusak dan bisa langsung menggunakan router secondary atau backupnya.
Selanjutnya pembahasan berikut adalah tentang informasi ip address default dan password default router. Saya sengaja sharing informasi ini bukan untuk mengajarkan kejahatan tapi ambil hikmahnya bahwa kita harus mengganti settingan default yang ada pada router anda dan selamat menikmati :








Bersambung yah kawan-kawan

Reaksi:

0 komentar: