Rabu, 06 April 2011

Kartu Kredit

Minggu ini Indonesia sedang rame tentang kartu kredit. Ada sebuah bank yan menjadi sorotan utama. Memang sistem kartu kredit di negeri ini masih sedikit lemah. Kenapa saya bisa bilang seperti itu, karena coba lihat, apakah saat anda menggesekkan kartu kredit anda, akan dimintakan password ? tidak kan, karena jika sudah menggesek di mesin tsb, anda paling disuru tanda tangan disebuah struk. Apakah indikator tsb bisa dibilang secure ? kalo kata ane tidak sama sekali. Coba saja anda pikir, jika saya minjam kartu kredit anda dan berbelanja puas dan gesek sana sini dan saya pun apal tanda tangan anda, maka dengan mudah saya membobol kartu anda. Hmmm tapi biasanya ada sebuah bank yang suka memverifikasi jika ada sebuah user dengan transaksi yang janggal. Gini contohnya, misal si Fulan hanya bertransaksi dalam sebulan hanya sejuta tapi tiba2 dia menggunakan 5 juta. Nah pihak bank akan memverifikasi apakah si fulan melakukan transaksi pada hari ... dan tanggal .... untuk belanja....... Nah hal tsb yg biasanya dilakukan, tapi itu sih kata saya kurang secure sih.

Mungkin dengan kejadian ini semua, akan ada penerapan seperti "PCI DSS" oleh pihak bank. Menurut saya jika diterapkan, maka akan ketat sekali sistem yang akan digunakan. Untuk PCI DSS yang saat ini saya tahu, belum ada bank di indonesia yang menerapkan sistem tersebut. Memang nantinya jika anda ingin menggesek kartu kredit, anda akan dimintakan semacam password atau pin. Saya sih mendukung agar memasukkan pin / password minimal 8 karakter (Gabungan angka, huruf, spesial karakter) dan menggunakan keyboard anti keylogger.

Yah tapi itu semua tergantung dari si user sih, ckckckc.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

jelas kesal lah.....

Ujian Mandiri sebenarnya bagus tp orang2 internalnya yang bodoh, super goblok.... kalau jawaban2 nya disebarluaskan ke mahasiswa2 yang butuh. bukannya itu DOSA??

ya untuk mahasiswa2 gundar kalau menghadapi dunia kerja akan bingung kelabakan......

jgn sombong karena masih ada diatas ente......

ente anak TI kan...teman ente hanum kan.....trus ente punya pacar satu kelas kan.....

Semua Kesuksesan Berawal Dari Mimpi mengatakan...

Hahahaha dosa kenapa bro ? Perasaan gw cuman ngasih contoh database soal2 deh. Berarti klo ada buku2 soal UAN, Soal CPNS, dan sebagainya berarti itu dosa juga yah ? ckckckck ente itu aneh bro dan terlalu menghardik / menyalahkan orang lain.

Kata siapa anak gundar klo menghadapi dunia kerja akan bingung ? Alhamdulillah selama ini setau ane tuh mereka jg pnya skill kok dan ga kelabakan tuh.

Ane ga pernah menyombongkan diri kok, ane lebih suka sharing ilmu ke orang coz dalam agama islam itu pahala memberikan sebuah ilmu walau hanya sedikit. Yg dosa tuh orang yang pelit ilmu.

Hahahaa ente mungkin penggemar HAnum yaks.

nasehat ane untuk ente, coba jangan ikut campur urusan orang lain dan gunakan waktu ente dengan melakukan aktifitas yang lebih berguna dan klo emang mau debat secara langsung sama ane, ane selalu siap kok.

Mkasih udah sering2 berkunjung ke blog ane, mayan naikin jumlah visitor, xixixiii