Selasa, 26 April 2011

Memajukan Liga Indonesia

Sedikit mau menulis kembali nih di blogku tercinta dan bagi pembaca yang kurang menyukai, mohon dimaafkan dulu sebelumnya. Saya sekarang lagi ga mau bahas tentang dunia IT tapi mau bahas tentang dunia persepakbola di Indonesia. Sekarang lagi kisruh2nya nih dunia sepakbola kita padahal kemarin2 Timnas bisa kita acungin jempol atas perjuangan mereka, tapi malah tindakan atasan2 mereka yg tindakannya malah kaya anak TK. Kisruh LPI lah, perebutan tahta ketua PSSI lah, dll.

Sekarang mau bahas tentang liga yang ada dulu nih, sekarang kn ada ISL dan LPI nih. Klo menurut pandangan saya, LPI mempunyai visi misi yang bagus tapi mereka masih kurang siap dalam menjalankan sebuah liga dan cara permainan klub yang ada masih kurang bagus. ISL pun terlalu dimanjakan dengan APBD daerah masing2 dan penontonnya pun suka rusuh ga jelas, mungkin kebanyakan anak ABG yg Labil. Gimana menurut pandangan saya yang terbaik atau yg bagus untuk memulai liga kita menjadi maju. Sedikit tip n trik dari ane nih :

1. Menggabungkan ISL dengan LPI, dengan mencari investor untuk menjadi investor. Bagaimana caranya ? coba orang pemda memaksakan agar perusahaan asing atau dalam, wajib menjadi sponsor untuk liga tsb. Kan banyak perusahaan besar seperti industri distrubutor baju, bola, alat2 olahraga, dll. Jadi perusahaan itu diwajibkan menjadi sponsor dengan minimal dana ....... Nah bagaimana keuntungan dari sponsor tsb ? Gini klo kata saya, dengan sebuah perusahaan menjadi sponsor disebuah tim liga, mereka akan dikasih free space utk iklan dalam lapangan, iklan TV, dll. Kemudian pihak tim harus membagi keuntungan dari penjualan tiket. NAh sponsor juga boleh membuka stand2 dagang mereka disekeliling area lapangan sepakbola.

2. Liga dibuat senyaman mungkin bagi penonton dan pemain / official. Misal sebelum pertandingan dimulai, ada grup band yg membuka acara, pokoknya penonton dimanjakan banget deh.

3. Jangan pada maruk orang pemda atau tim sepakbola untuk meraih keuntungan yang menggendutkan diri sendiri.

4. Sadarlah klo semua usaha untuk memajukan bangsa, bukan untuk diri sendiri.


Kemarin saya melihat visi misi Bung adhyaksa dault, menurut saya bagus banget motivasi dia dan sudah terbukti saat dia menjadi Menegpora. Begitulah sosok pemimpin yg penuh semangat, jujur, dan beriman.

Semoga Liga Indonesia menjadi maju

Reaksi:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

itu sudah tau...kenapa masih aja pasang database cheat UM??ente kan jago java...ente waktu PI fokus ke java...kalau blog emang mau sering dikunjungi buat atu tutorial java...ane mau kok n pasti kunjungi blog ente. ane belum bisa java nih. pasti laris pada ngunjungi blog ente.
maaf jika ane selalu komentar. ane kuliah digundar juga. diui juga. trims