Kamis, 10 November 2011

Kelebihan dan Kekurangan Jejaring Sosial

Tahun 2009 dan sampai sekarang, sedang maraknya dan meningkatnya situs jejaring sosial yang digunakan didunia ini. Dulu masih sedikit sekali orang yang peduli untuk menggunakan situs jejaring tersebut. Akan tetapi kini sangat berbanding terbalik sekali. Sekarang coba anda tanya kepada orang-orang apakah mereka punya akun di situs jejaring sosial. Pasti jawaban mereka punya. Dari anak SD sampai orang dewasa pun ga bisa lepas dari yang namanya situs jejaring sosial.

Memang situs jejaring ada nilai positif dan negatif, tergantung kita menggunakannya untuk hal apa saja. Menurut saya sendiri, ada beberapa nilai-nilai positif antara lain :
1. Dapat berinteraksi dengan teman lama yang jaraknya cukup jauh dan bisa menjalin tali silaturahmi.
2. Bisa mendapatkan informasi yang aktual seperti arus lalu lintas, diskon-diskon belanjaan, reuni sekolah/kuliah, tempat makanan yang enak dan lain-lain.
3. Bisa mengecek keberadaan teman kita yang menggunakan jejaring sosial tersebut.
4. Bisa menjadi ajang promosi.
Itulah beberapa nilai-nilai positif yang ada dan mungkin masih terdapat nilai yang lainnya.

Sedangkan untuk nilai negatifnya antara lain :
1. Begitu bebas mengumbar status atau informasi data pribadi. Padahal data-data tersebut bisa didapatkan dengan mudah si penjahat menggunakan data-data tersebut untuk melakukan kejahatan.
2. Banyak orang-orang yang labil untuk mencari cinta sejatinya tapi malah kesandung. Misal ada seorang cwe yang kenalan sama cwo dan terjadilah proses perkenalan, sampai-sampai cwe tersebut mau diajak lari dari rumah,hehehe.
3. Banyaknya perdagangan bebas seperti menjual jasa yg aneh2, penipuan dengan menjual barang2 seperti mobil, handphone, motor, dll.
4. Tidak adanya kontrol yang ketat terhadap penggunaan situs jejaring sosial.
5. Banyak provokator yang ada untuk memberikan isu-isu panas dan berita yang tidak jelas sumbernya.

Masih banyak lagi sebenarnya nilai-nilai negatif, akan tetapi tinggal bagaimana kitanya yang menggunakan semua itu. Klo dari diri sendiri mempunyai kontrol yang bagus, nah Insya Alloh pasti akan mendapatkan nilai-nilai yang terbaik. Situs jejaring sosial memang mempunyai kelemahan juga tapi ga semuanya negatif tapi ada positifnya juga kn.

Semoga kita semua dapat menyikapi dengan baik.

Reaksi:

0 komentar: