Selasa, 15 November 2011

Kelemahan Tp-Link Modem Adsl Router

Tengah malam gini saat lagi surfing didunia maya, eh muncul lagi ketidaksengajaan saya memasuki modem router orang. Disini saya bukan ingin membagi cara attacking modem tersebut tapi membahas hal yang mungkin sepele sekali, yaitu tentang lemahnya mark password pada modem terkenal yang biasanya digunakan oleh pihak Tel***  yang bermerek Tp-Link Modem Adsl. Berikut ini contoh printscreen si korban atas ketidaksengajaan saya :



Pada gambar diatas memang sengaja saya apus ip addressnya karena biar saya ga dijitak sama yang punya atau pihak ISP nya nih. Yaudah langsung to the point saja deh. Jadi kan saya newbie nih dan pengen tau beberapa menu yang ada pada modem adsl router tersebut. Nah saya masuk ke "Access Management" dan memilih salah satu menu. Disana kan ntr ada username dan password tuh. Di aplikasi tersebut kan menggunakan beberapa Frame so ane coba klik kanan untuk view source code dan alhasil password yang diinput tadi klo kita kasat mata mah kaya di masking gtu dengan menggunakan simbol bulat2 hitam, eh saat ane liat source codenya huuuuu cape dech kagak ada enkripan atau masking. Jadi sebenarnya cuman menipu pandangan mata didepan saja dan didalamnya kagak euy.

Coba ane tampilin gambar dari scriptnya nih :


Pada gambar diatas, terdapat beberapa script yang saya sensor karena disalah satu script tersebut ada username dan password untuk mengakses akun di ISP Tel***, jadi terpaksa saya sensor yah. Emang tadinya ane pikir beberapa modem aman dikonsumsi dan ada masking dalam passwordnya, eh setelah tauk kaya gini jadi agak2 merinding juga nih.

Saya ga begitu pintar berbahasa panjang lebar nih, biar user yang menggunakan modem ini agar lebih waspada yah. Saya disini bukan mau menjatuhkan atau merusak nama seseorang tapi disini saya hanya sharing untuk bagaimana kita peduli dengan keamanan diri kita sendiri atau publik. Semoga ISP besar tersebut klo membaca tulisan saya ini mengambil hikmahnya yah dan bukan marah2 yah, hehehe karena ane bener2 newbie yang kebetulan saja kok. Terus yang penasaran itu ISP apa, perhatikan baik-baik saja gambar saya. Hmmmm tau deh ada kisi2nya apa ga yah digambar tersebut. Ckckckckc

Jadi yang mau mata-matain saya silahkan mencari kesalahan saya dech klo memang tulisan saya ini salah yah. Sekian dan terima kasih. Semoga dapat memajukan bangsa ini lewat sharing di dunia maya.



Ttd



Young Man Never Old

Reaksi:

0 komentar: