Kamis, 03 November 2011

Merubah Menu Component Administrator Joomla 1.7 (Revisi)

Tulisan kali ini adalah untuk Revisi atas tulisan saya sebelumnya TKP. Kemarin saya menuliskan untuk merubah nama menu-menu komponen yang terdapat pada halaman administrator dirubah melalui PhpMyadmin atau SQL-nya. Nah ternyata teknik ini sangat fatal dan akibatnya ada beberapa fungsi yang akan error. Jadi saya memutuskan untuk merevisi tulisan sebelumnya dan memberikan teknik lain yang cukup aman.

Berikut ini langkah-langkah untuk merubah title pada menu component halaman admin :
1. Masuk ke folder "administrator/language/en-GB". Disini saya mengambil contoh folder tersebut karena joomla saya menggunakan language English. Jika anda tidak menggunakan language English, yah pilih folder sesuai dengan language anda.

2. Selanjutnya coba buka target komponen yang mau di-rename. Saya ambil contoh, saya ingin merubah komponen "AcePolls". Coba cari file "en-GB.com_acepolls.menu.ini" dan edit file tersebut. Nah kita memilih file yang ada tulisan ".menu". Edit tulisan "COM_ACEPOLLS=acepoll" menjadi "COM_ACEPOLLS=Polling". Jika sudah, simpan perubahan tersebut dan refresh browser anda.

3. Jika tidak sukses, coba anda edit juga file "en-GB.com_acepolls.ini" dan ikuti seperti langkah-langkah nomor 2 (dua).

Jika terdapat kesulitan dalam melakukan perubahan, anda bisa menghubungi saya di YM atau nomor telepon. Semoga dengan sharing ilmu yang dikit ini dapat membantu anda dan mohon maaf atas kesalahan saya atas postingan yang lalu.

0 komentar: