Selasa, 01 November 2011

Merubah Menu Component Administrator Joomla 1.7

Bismillah terlebih dahulu untuk memulai aktifitas menulis di blog tercintaku ini. Tulisan saya kali ini akan membahas CMS Joomla Versi 1.7. Bagi juragan semua yang suka dengan CMS Joomla, nah mungkin pembahasan kali ini dapat menjadi tambahan ilmu atau bahkan sudah ada yang tahu trik ini, heheee.

Jadi sekarang saya mau membahas bagaimana cara merubah tulisan menu component yang ada pada halaman administrator. Dibawah ini contoh gambar menu component halaman administrator :

Dari keterangan gambar diatas, ada beberapa menu yang tampil.  Nah saya ingin merubah tulisan component "AcePolls" atau "aiContactSafe". Hal ini dilakukan untuk mempermudah user mengingat sebuah menu component yang ada atau eye catching gtu deh klo kata orang-orang.

Oke sudah berbasa-basinya, sekarang coba masuk ke halaman PhpMyadmin. Klo misal web tersebut masih disimpan di localhost, anda bisa mengaksesnya melalui :
http://localhost/phpmyadmin


Jika sudah keluar tampilan seperti diatas, masukkan username dan password untuk mengakses phpmyadmin anda. Jika melalui web yang sudah online di internet, agan bisa melalui Cpanel dan masuk ke menu Phpmyadmin. Nah klo udah sukses akan muncul tampilan beberapa database yang ada di server anda atau PC local anda.

Pilih database yang sesuai dengan website menu component yang akan dirubah itu loh. Jika sudah, kan akan keluar banyak tabel-tabel tuh dan pilihlah tabel "jos_menu". Saya disini mencotohkan menggunakan "jos_" akan tetapi itu sih tergantung anda menamainya seperti apa. Klo masih menggunakan yang default bawaan joomla, otomatis namanya masih "jos_".

Oke sekarang masuk ke tabel "jos_menu". Kemudian lakukan sort by "title", trik ini biar gampang mencari component apa yang ingin dirubah saja. Selanjutnya browse record yang ingin dirubah. Record yang dipilih adalah record utama. Lihatlah gambar dibawah ini :

Disini saya akan merubah nama dari "COM_ACEPOOLLS". Klik gambar pensil dengan nomor record id 137. Kemudian rubah field alias dengan value yang anda inginkan. Disini saya akan merubah dengan tulisan "Polling Rungga". Lihat contoh gambar dibawah ini :

Jika sudah, klik tombol "Go" untuk menyimpan. Selanjutnya coba buka lagi menu administrator dan lihat apakah nama component yang dirubah tadi berhasil kita rubah dan hasilnya berubah euy ;-)   (Jadi terharu,hiks hiks hiksss.....)


Demikian tutorial singkat ini saya buat dan semoga bermanfaat yah. Klo mau coba-coba trik ini, biar aman backup dlu semua database agan biar ga hilang yah. Klo ada yg mau ditanya-tanya mengenai Joomla, bisa menghubungi saya yah. Terima kasih

Reaksi:

0 komentar: