Kamis, 16 Juni 2011

Format Harddisk dengan metode Low Level Format

 SUMBER

Sekarang makin banyak orang yang peduli akan keamanan disistem komputer mereka, baik itu dengan cara menginstall antivirus dikomputer masing2 dan antimalware, untuk memastikan bahwa sistem kita aman dari serangan virus maupun malware seperti program Hijackthis, program Spybot, dll, atau sebuah program enkripsi harddisk yang mana dapat memproteksi harddisk, dengan metode enkripsi harddisk, pemakai lain tidak akan dapat masuk kesistem tanpa memasukkan katakunci yang tepat, walaupun kita mencoba menginstall ulang dengan memakai CD/DVD windows, ataupun mencoba memformat harddisk tersebut tidak akan berhasil.
Celakanya, pemakai yang menginstall program enkripsi di harddisknya, lupa dengan katakunci (password) untuk masuk kesistem, saya mencoba untuk memformat harddisk nya memakai CD windows, tetapi tidak berhasil memformatnya. Harddisknya kebal akan sistem format biasa nih. Gimana yah cara memformat harddisk dengan sistem low level format?. Berikut kita akan berbagi info tentang cara memformat harddisk dengan sistem low level format ( format tingkat rendah ).
Perangkat lunak untuk memformat harddisk dengan metode tingkat rendah ( low level format ), dulu terintegrasi di bios model lama, dulu saya masih ingat pada jaman harddisk dengan kapasitas masih dibawah 120Mb ( Dulu dengan 120MB sudah terasa gede loh. hehehe ), di model bios komputer tertentu ada fasilitas untuk low level format terintegrasi didalamnya, sekarang agak sulit menemukan BIOS yang ada fasilitas low level format, tapi ngga perlu khawatir, sekarang tersedia luas perangkat lunak untuk melakukan low level format pada harddisk kita, dengan melakukan low level format ini, isi harddisk kita dipastikan tidak akan bisa dikembalikan lagi, baik itu memakai program recovery harddisk yang paling sakti sekalipun, MBR (Master Boot Record) akan dihapus sepenuhnya, jejak jejak pun akan di hapus sampai bersih…
Nah, Sekarang ada perangkat lunak gratis yang bernama: Darik’s Boot and Nuke, meskipun namanya agak sangar yah, namun program ini akan melakukan tugas yang mulia untuk kita. program ini akan melakukan tugas penghancuran data di harddisk kita, harddisk yang ada password nya bisa di format dengn program ini.
Langkah2nya:

  1. Unduh atau Donlot Perangkat lunak DBOT ( Darik’s Boot and Nuke ) Disini. Kemudian Ekstrak dan burn (bakar) Ke CD yah file .ISO nya.
  2. Masukkan CD ke dalam sistem Anda, dan biarkan boot sistem anda dengan menggunakan CD-ROM.
  3. Tunggu sampai konsol menu Darik’s Boot dan Nuke muncul, lalu ketiklah perintah “autonuke” ( tanpa tanda kutip ) atau tekan tombol F3 untuk melihat perintah2 yang lainnya.
  4. Kemudian tunggulah perangkat lunak Darik’s Boot dan Nuke, memulai untuk melakukan format low level harddisk anda, booting ulang sistem anda setelah format selesai.
DBAN-screenshot klik untuk memperbesar
Program ini dapat berjalan dengan baik di sistem komputer basis intel maupun menghapus sistem Mac.
Download Dban:

Reaksi:

0 komentar: