Senin, 06 Juni 2011

Fraud ATM / Trik Penipuan ATM

Bismillah sebelumnya nih. Setelah saya googling dari si mbah, nemulah web yg membahas tentang penipuan ATM. Hal ini menginspirasi saya untuk membahas trik dan tips nya dan semoga bisa membantu anda dalam mengamankan sebuah aset tsb. Postingan ini sebagai bahan pembelajaran kita semua dan ambil sisi positifnya saja yah. Saya Copas dari Sumber web dan saya berikan Link nya di akhir tulisan ini.

Ada beberapa cara untuk merusak dan mengacaukan mesin ATM, yaitu dengan cara :
1. Si pelaku memasukkan sebuah kayu halus (korek api yg tipis) / benang tipis atau plastik tipis ke dalam mulut untuk memasukkan kartu ATM.
2. Korban memasukan kartu ATM, mesin ATM mendeteksi ada kartu masuk dan menjalankan program dan menampilkan "Enter PIN".
3. Karena data Nomor Kartu (di magnetic stripe) tidak terbaca terhalang plastik.... sistem akan terus berusaha membaca data stripe itu terus menerus.
4. Korban menunggu karena sistem lama / hang atau kejadian seperti kartu tertelan. maka korban akan keluar dari ruang ATM.
5. Oknum masuk kembali dan menarik plastik tersebut keluar.
6. Mesin ATM akan membaca kartu dan meneruskan data ke ATM Data Center Proses "Approve" / "Valid".
7. PASANG KAMERA KECIL, ATAU HP KAMERA TERSEMBUNYI UNTUK MEREKAN KODE PIN YANG KORBAN TEKAN.
8. Oknum tinggal memasukkan jumlah uang yang mau diambil dan setelah transaksi selesai mengambil kartu Korban.
9. Komplain ke Bank juga tidak berguna, karena kartu ATM dan PIN "Benar" secara sistem dan tidak ada bukti kartu tertelan.


ATM CLONING :

Disinyalir terjadi di batam dan selebarannya banyak beredar, yang isi selebarannya tentang adanya beberapa nasabah yang uangya raib. Uang nasabah tersebut dikuras melalui beberapa atm di wilayah batam, yang kebetulan tempat ATMnya gak ada CCTV. saya masih kurang tahu siapa yang mengeluarkan selebaran ini. Banyak banget foto kopi selabaran ini yang disebarin. Saya sempat dapat gambar mesin ATM yang diduga telah di pasangi alat.

1. menurut di gambar hanya sebatas alat hitam/ kamera yang di pasang dekat monitor , apa mungkin dengan hanya bisa menggunakan kamera bisa mencuri data dalam kartu atm ?
2. menurut saya klo emang ini penipuan atm dengan sistem kloning/penggandaan atm.. sebagai berikut :

* 1. kamera tersembunyi.. terserah mo diletakkan dimana. kamera ini hanya untuk merekam kode pin atm korban.
* 2. card/atm reader yang digunakan untuk mencopy data pada kartu atm korban.. yang di tempatkan di dalam lubang kartu masuk atm.. BTW, apakah penipuan di indonesia udah secanggih ini?
dan ini hanya perkiraan saya..SIM GSM Kloning dah banyak.. tidak tertutup kemungkinan atm kloning juga bisa dibuat..

BANK YANG KETIPU :

denger kabar2 nasabah yang tertipu.. uang mereka di ganti oleh bank... wahh asik dunk.. coba bayangin klo kita sendiri pura2 sebagai korban atm kloning.. kita bisa aja narik duit di mesin atm yang gak ada kameranya. truz kita laporan kebank pura2 klo uang kita raib secara misterius.. trus pihak bank akan ngecek,,, dan pihak bank menyatakan ternyata duit kita telah ada yang ngambil melalui atm, misalnya: atm di mall a, swalayan a.. yang kebetulan di mesin atm tersebut gak ada kameranya.. n kita pura2 gimanalah.. yang kiranya bank percaya ma kita.. kita telah menjadi salah satu korban atm cloning.. tambahan lagi.. kasus ini.. kita nyuruh orang lain lagi pura2 kena korban atm cloning.. makin banyak orang2 pura2 jadi korban atm kloning.. makin besar deh kemungkinan pihank bank percaya kita adalah korban atm cloning..

kembali lagi, saya masih kurang tau. siapa yang mengeluarkan selebaran tentang adanya penipuan atm cloning.. banyak banget foto kopi selabaran ini yang disebarin.. atau hanya sekedar dari si penipu untuk mempercayakan bank?

ATM MAINTENANCE :

diwilayah saya , di batam beberapa kalai pernah ada uji coba pembobolan mesin atm salah satunya dengan menggunakan mesin las.. tapi gagal..

masih inget dulu saya pernah nonton acara dokumentari kriminal... tersangka membobol atm dengan cara.. pura2 sebagai maintenance ATM dari pihak bank.. pura2 klo mesin atm tuh gi ada masalah/upgrade.. so.. sambil nyantai.. ngebongkar mesin atm tanpa ada yang curiga... orang bakal yakin dia bener2 dari pihak bank.. denga menggunakan seragam khas, plus 1 polisi palsu sebagai bodyguard untuk kemanan.. kan biasanya juga waktu pengisian uang di atm kan selalu di jaga polisi.. dengan tambahan polisi orang bakal lebih percaya.. klo mau.. tuh mesin atm,, bisa di angkut pulang... di bobol/dibuka dirumah aja..

ATM DEFAULT PASSWORD

MESIN ATM TERNYATA PUNYA DEFAULT PASSWORD, KADANG ADMIN TIDAK MENGGANTINYA, LUPA, BAHKAN TIDAK TAU...

untuk mesin atm tranax manual booknya bisa di download

http://nyentrik.com/Tranax_MB_Operator_Manual_4.pdf <== klik kanan save as untuk mendownload..


setelah mendapatkan manual tersebut anda mendapatkan:

* intruksi cara memasuki diagnostic mode.
* Default passwords
* Default Combinations untuk keamanan

Sumber

--------------++++++++++++------------------------++++++++++++------------------------

Nah dari tulisan diatas yang saya copas dari web orang, ada hikmah yg diambil dan sebagai pelajaran kita semua, yaitu :
1. Jika kartu ATM kita tertelan, jangan menelpon nomor yg ada di mesin ATM, karena bisa saja nomor tsb adalah nomor palsu. Sebaiknya anda langsung menelfon nomor call center bank tapi jika anda tidak tahu, coba tanya ke bagian penerangan atau informasi di telfon "108". Coba tanya nomor call center bank tsb.
2. Jangan tergesa-gesa dalam menarik uang pada ATM.
3. Lihat dan pastikan apakah disekitar mesin ATM tsb terdapat cctv yang ada.
4. Jangan berikan PIN anda kepada siapapun.
5. Jika anda sedang melakukan transaksi dimesin ATM dan respondnya lama bgt, coba bersabar dan tunggu hingga keluar periintah bahwa transaksi anda mengalami kegagalan atau sukses. Jika gagal, coba cek saldo anda pada mesin ATM lainnya, apa saldo anda akan berkurang atau tidak.


Semoga tips n trik tsb dapat diambil nilai bagusnya saja.

Reaksi:

0 komentar: