Senin, 08 Agustus 2011

Perjalanan Karirku

Bismillah sebelum menulis artikel ini.

Kali ini saya ingin membahas dan bercerita tentang karir saya selama ini. Dulu saya tidak pernah bermimpi mendapatkan pekerjaan seperti sekarang ini, tapi memang dari dulu saya sangat menyukai dunia IT. Saya pernah bekerja menjadi seorang kuli atau lebih tepatnya tukang bantu-bantu katering. Oh ya, saya mencoba bercerita dari awal nih.

Pekerjaan pertama saya adalah menjadi seorang teknisi yang memperbaiki komputer2 temen sekolah SMA atau tetangga saya. Saya tidak pernah mengharapkan upah apabila memperbaiki komputer orang2 tapi saya ingin mendapatkan sebuah pahala dan biar ilmu saya tidak hilang atau lupa. Ada beberapa orang yang memberikan tips dan nantinya tips tersebut buat saya bagi2 sama adek saya atau dibeliin sesuatu untuk orang rumah.

Pekerjaan kedua saya adalah menjadi freelance katering. Tugas saya disana untuk menyiapkan piring, sendok, garpu, menaro lauk pauk, mengisi air, mengangkat piring kotor, bersih2 ruangan dll. Saya mendapatkan pekerjaan tsb saat kelas 3 SMA. Saya diajak oleh senior Wushu Naga Awan yaitu Kak Fajar. Saya dengan temen saya Dauz mendapatkan pekerjaan itu. Niatnya saya cuman mau mengisi liburan sekolah saja dan mau tau bagaimana susahnya mencari pekerjaan dan menjadi orang kecil. Rupanya memang tidak enak sekali menjadi pegawai tsb, karena banyak orang yg melecehkan pegawai katering dg banyak cara. Salah satu caranya adalah saat kita ingin mengambil piring atau gelas kotor sambil menunduk, tapi mereka banyak yg dgn sengaja tidak mau peduli dan malah ada tamu yg sengaja kakinya tdk mau minggir sedikit dn malah menendang gelas sehingga menjadi pecah. Wah klo anda menjadi senior saya, pastinya tdk akan terima deh. Tapi dengan bekerja sebagai pegawai katering, banyak hikmah yg saya dapatkan, yaitu bagaimana menghargai orang lain walau mereka hanya orang kecil tapi dimata Alloh semua makhluk itu sama smua kok.

Pekerjaan ketiga saya adalah menjadi Freelance Pengajar IT di LPIA. Kebetulan waktu saya kuliah dan libur lama, ada projek dari LPIA untuk mengajar ke masyarakat didaerah rempoa utk menjadi seorang teknisi komputer dn nantinya mreka menjadi bisa membuka lapangan pekerjaan ditempat tinggalnya dari kursus yg didapatkan itu. Saya mendapatkan pekerjaan ini dari temen kuliah saya yaitu Mubi. Dari sini saya belajar menjadi seorang pengajar walau saat pertama saya dikenalkan oleh Staf2 disana, banyak yg menganggap remeh dengan kemampuan sy dlm mengajar. Tapi alhamdulillah skill saya tidak jelek dn malah lebih bagus dr pada mereka. Tapi ada hikmah yg dpt diambil yaitu tdk boleh menganggap remeh seseorang dan mungkin dia lebih baik daripada kita Toh.

Pekerjaan keempat saya adalah menjadi guru honorer untuk MI (Setara SD) pada pelajaran Teknik Informasi Komunikasi (TIK). Pekerjaan ini saya dapatkan dari temen kuliah saya yaitu Shofa. Disana saya mengajar dari kelas 1 s/d 6. Banyak pelajaran yg saya dapatkan diantaranya adalah bagaimana menjadi orang yg sabar dalam menghadapi karakter2 anak kecil yg berbeda-beda. Kemudian bagaimana menenangkan anak yg suka nangis, berantem, genit dll. Saya hanya dapat bekerja sampai 2 bulan setengah saja karena bentrok dengan jadwal kuliah saya nih. Tapi saya sangat rindu mengajar seperti itu nih karena lucu2 anak kecil itu.

Pekerjaan kelima saya adalah menjadi asisten Lab.IT Gunadarma. Saya awalnya hanya iseng2 dalam mengikuti tes untuk menjadi asisten karena IPK saya kebetulan waktu itu tidak mencukupi dari syarat yg ada tapi saya orangnya cuek dan berdoa saja deh. Saat test saya pun suka datang terlambat dan sangat santai tidak seperti orang lain, heheheee. Nah saat wawancara dengan para dosen dan senior, disana saya disuru virtual ngajar dgn materi yg mereka berikan diruangan itu. Saya memang tanpa beban dan alhamdulillah lancar2 saja, kebetulan memang kemampuan saya jg ga jelek2 bgt, heheee sombong euy (Astagfirulloh). Trus ternyata saya lulus setelah menghadapi tes yg cukup panjang jg menjenuhkan. Banyak pelajaran yg saya dapat disana dan gaya mengajar saya ke anak kuliahan memang bergaya anak muda dan santai sekali, yg penting mereka bisa dn mengerti materi tsb. Saya juga asisten yg ga paling pelit nilai, hehehe. Walau ujung2nya saya sempat diprotes dengan salah satu isi dari blog ini oleh seorang senior dan dosen2 disalah satu LAB. Tapi memang itulah gaya saya yg agak idealis, suka sharing, dll. Mungkin memang bagi orang lain itu hal yg salah tapi yah dijalanin saja selama ga melanggar hukum.

Pekerjaan keenam saya adalah menjadi IT Support di PT. Farrasindo salah satu Kontraktor Concrete Pump. Saya melamar di perusahaan ini awalnya iseng doang dan model nekad, wong gtw sama sekali klo ada lowongan. Berawal dari temen saya Toto dan Adit yg dapat proyek pembuatan aplikasi. Nah kita kn lg dikosan dn kebetulan saya udah nganggur selama sebulan lebih dan sudah ikut job2 Expo tp blum ada panggilan. Nah disana ada Notepad dari perusahaan itu dan ada alamat emailnya juga. Langsung aja bilang ke anak2 klo gw ngirim ye CV ke email ini. Eh selang 3 hari dapat telpon dr perusahaan itu dn bersedia ga wawancara. Yah ane bilang siap deh. Nah lsg deh wawancara dgn HRD dan tertarik sama saya. Trus disuruh deh wawancara sama GM disana yg katanya killer dn susah nerima pegawai, tapi saya baca2 doa saja agar dimudahkan nanti. Alhamdulillah memang dimudahkan sekali krn di CV saya dia melihat klo saya anak Wushu dan hobi olahraga. Nah mulai deh berbincang panjang lebar dn kebetulan dia jg dlu latihan wushu. Trus salah satu temennya kebetulan juga saya kenal dn saat saya dulu membuat kejuaraan, nah temennya itu adalah salah satu juri dn jago urut, hehehe. Nah alhamdulillah saya diterima kerja selang beberapa hari saja.

Pekerjaan ketujuh saya adalah menjadi Auditor IT di Bank. Saya melamar pekerjaan itu awalnya juga ga percaya diri dan iseng siapa tau lolos. Saya memasukkan lamaran melalui Job Expo UI. Padahal tidak ada background Auditor saya, walau babe saya eks auditor Bank jg, hehehe. Nah prosesnya sampai 5 bulan sampai saat saya dipekerjakan. Tes demi tes saya lalui dan lolos. Nah akhirnya wawancara sama User (Kepala Auditor). Disana saya cukup tegang juga sih dn saat saya masuk ruangan, kan saya ga berani duduk hingga disuruh duduk tuh. Sempet berdiri beberapa menit hingga saya disuruh duduk. Mungkin Pak Rudi mengetes sikap saya apakah lancang atau tidak. Nah wawancara berlangsung setengah jam dan diantara percakapan itu dia bertanya, apakah kamu nanti mau melanjutkan S2 atau tidak ? saya jawab mau Pak tapi nunggu adek saya masuk kuliah dulu krn saya harus membantu biayanya sedikit. Kemudian dia nanya2 tntg konsep network RT RW Net dan saat terakhir dia bilang, apa ada pertanyaan lainnya ? nah saya langsung bilang, ada pak. Kok PIN ATM bank masih menggunakan 4 digit saja (waktu itu) ? bukannya itu sangat mudah ditebak oleh mesin komputer loh pak. Nah saya agak lupa jawaban beliau. Trus sudah berbicara panjang lebar, klo misal dia sudah setuju 95%, kamu ga usah wawancara dgn user lain dan tinggal lsg tes kesehatan saja. Nah ternyata saya ditelfon utk tes kesehatan dan Alhamdulillah diterima hingga sekarang saya masih bekerja disini. Banyak pelajaran yang saya petik dan banyak sekali ilmu yg didapatkan.

Dari semua pengalaman saya, ada beberapa yg dapat dipetik hikmahnya, yaitu jika kita berusaha keras dan berdoa, niscaya Alloh akan memberikan jalan dan memudahkannya untuk kita semua. Disela-sela doa saya, selalu meminta begini : "Ya Alloh hanya Engkau yang bisa membuat tidak mungkin menjadi mungkin dan juga hanya Engkau yang dapat membuat mungkin menjadi tidak mungkin. Berikanlah jalan dan petunjuk yang Engkau Ridhoi yang terbaik untuk Aku, Agamaku, Keluargaku, Lingkunganku dan dimasa yang akan datang".


Semoga dapat diambil hikmah dari curhatan saya ini.

Reaksi:

3 komentar:

Top_1 mengatakan...

wahh.,,bawa2 nama gw n adit tuh.,,
kena royaliti tuh.,,
hehe

Sharing itu asik loh... mengatakan...

@ Top_1 : he5 ga usah kena royalti dong, ntr ane traktir Nasi Goreng Kosan atau Ayam Pak Joko, ckckckck. Itulah takdir bro, jalannya lewat loe berdua.Klo diinget saat gw ngelamar disana, kn cuman modal nekad aja pdhl kagak tw ada lowongan. Gw kn dr dlu suka Spam lamaran, hahahhaa

Hery Strada mengatakan...

Semangat